MASIGNCLEAN101

6 Penyebab Terjadinya Obesitas / Kelebihan Berat Badan

iklan banner
Apa itu obesitas ? Obesitas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berat tubuh yang jauh lebih besar daripada apa yang dianggap sehat. Seseorang mampu disebut sebagai obesitas ketika berat badannya 20% atau lebih di atas berat tubuh normal. Dengan kata lain, obesitas merupakan proporsi kelebihan lemak tubuh total.

 istilah yang digunakan untuk menggambarkan berat tubuh yang jauh lebih besar daripada apa 6 Penyebab Terjadinya Obesitas / Kelebihan Berat Badan

Untuk memahami terjadinya obesitas (obesity) dan kelebihan berat tubuh (over weight), caranya cukup mudah. Begini rumus sederhananya. Jika "masukan harian" Anda lebih dari "output harian"-nya, maka kemungkinan besar, cepat atau lambat, akan kelebihan berat tubuh atau obesitas.

Jadi, obesitas terjadi ketika seseorang mengkonsumsi kalori lebih banyak dari pada yang beliau bakar. Bagi banyak orang ini disimpulkan sebagai makan terlalu banyak dan terlalu sedikit berolahraga. Tapi ada faktor lain yang juga berperan dalam obesitas.

Beberapa penyebab terjadinya obesitas

#1. Umur : Sejalan bertambahnya usia, tubuh memetabolisme makanan lebih perlahan, sehingga pengeluaran kalori juga rendah.

#2. Gender : Wanita tampaknya cenderung lebih mudah kelebihan berat tubuh atau obesitas daripada pria.

#3. Genetika : Obesitas mampu terjadi karena faktor keturunan atau keluarga, yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

#4. Alasan Psikologis : Orang-orang yang mengalami emosi negatif ibarat kebosanan, kesedihan, atau kemarahan cenderung makan secara berlebihan, dengan demikian akan meningkatkan risiko menjadi gemuk.

#5. Penyakit : Pada kondisi tertentu ibarat hipotiroidisme, depresi, dan beberapa penyakit otak  bisa membuat orang makan berlebihan.

#6. Obat : Steroid dan beberapa anti-depresi mampu menjadikan kenaikan berat tubuh yang berlebihan.

Jika kita ingin berhasil mengatasi duduk perkara obesitas atau kelebihan berat badan, maka harus diketahui dahulu apa penyebabnya. Setelah itu, gres dapat diambil tindakan apa yang paling cocok untuk menormalkan berat tubuh tersebut.

Untuk menurunkan berat tubuh dengan cepat dan efektif, salah satu ajuan sederhana dari para mahir adalah, lakukan aktifitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari, makan makanan yang seimbang dan rendah lemak, serta diet rendah karbohidrat.

Fenomena obesitas di seluruh dunia 

Tahukah Anda bahwa obesitas kini menjadi salah satu duduk perkara kesehatan “paling umum” yang dihadapi orang di seluruh dunia? Jangan kaget, obesitas itu penyakit yang serius lho.

Di seluruh dunia, diperkirakan kini sekitar 750 juta jiwa mengalami kelebihan berat tubuh lebih dari 300 juta orang lainnya mengalami obesitas. Di USA saja, menurut survei terakhir, sekitar 60% orang sampaumur Amerika kelebihan berat badan, yaitu 39.800.000 orang.

Obesitas dan kelebihan berat tubuh yaitu penyebab utama kematian kedua yang dapat dicegah di Amerika Serikat, demikian laporan kesehatan US National Institutes. Diperkirakan 300.000 kematian per tahun disebabkan oleh obesitas.

Efek obesitas yang hampir sama ditemukan di Inggris. Sekitar 46% pria di Inggris dan 32% wanita kelebihan berat tubuh dan 17% embel-embel laki-laki dan 21% wanita dianggap menderita obesitas.

Perbedaan obesitas dengan kelebihan berat badan

Banyak orang percaya bahwa kelebihan berat tubuh dan obesitas ini identik atau sama. Pada  kenyataannya kedua istilah itu berbeda.

• Seorang individu disebut kelebihan berat tubuh (over weight) ketika BMI-nya yaitu 25-29,9

• Seorang individu disebut obesitas (obesity) ketika BMI-nya 30 atau lebih.

Pertanyaannya apa itu Body Mass Index (BMI) ? BMI atau Indeks Massa Tubuh yaitu standar internasional untuk menentukan berat tubuh seseorang sesuai dengan tinggi badannya. Atau mampu juga dikatakan bahwa BMI yaitu rasio berat tubuh terhadap tinggi tubuh seseorang.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak, para mahir sekarang percaya bahwa index massa tubuh seseorang (body mass index - BMI) yaitu cara pengukuran yang paling akurat.
Share This :
Itu aku