MASIGNCLEAN101

4 Kriteria Rumah Sehat Sederhana

iklan banner
Salah satu persoalan pelik di negeri ini yaitu belum tercukupinya perumahan untuk masyarakat bawah atau golongan ekonomi lemah. Bagi mereka, rumah sederhana yang murah tapi sehat yaitu barang mewah yang masih sulit untuk diwujudkan.

Salah satu persoalan pelik di negeri ini yaitu belum tercukupinya perumahan untuk masyaraka 4 Kriteria Rumah Sehat Sederhana

Angin segar untuk cita-cita memiliki rumah dengan biaya murah kembali mengemuka bersamaan waktunya dengan terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur gres DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno. Keduanya antara lain dikenal dengan konsep kepemilikan rumah DP 0 rupiah.

Semoga saja keduanya dapat segera merealisasikan janjinya. Sehingga rumah sederhana yang murah dan memenuhi syarat kesehatan mampu dimiliki oleh mereka yang belum punya rumah. 

Punya rumah sendiri pasti lebih membahagiakan dari pada misalnya mengotrak rumah dari tahun ke tahun. Meskipun mungkin ukurannya kecil, luasnya terbatas, ataupun bentuknya sederhana …. 

Kriteria rumah sehat sederhana

Ngomong-ngomong ihwal rumah sehat sederhana, yang menyerupai apa sih sebetulnya rumah sehat itu ?

Nah dibawah ini yaitu beberapa kriteria minimal yang harus ada semoga sebuah rumah disebut sebagai rumah sehat.

#1. Sehat secara fisik. Misalnya memiliki ventilasi udara dan ventilasi cahaya, lantai yang kering, atap tidak bocor, sanitasi yang baik, akomodasi MCK yang bersih dll. Kriteria rumah sehat secara fisik pada umumnya terkait dengan pencegahan munculnya penyakit dan penularannya .

#2. Sehat secara psikologis. Misalnya antara anggota keluarga yang satu dengan yang lain terjalin komunikasi yang sehat, masing-masing anggota keluarga memiliki privacy yang memadai, dll.

#3. Sehat dari segi keamanan. Yaitu memenuhi syarat pencegahan terjadinya kecelakaan baik dari luar maupun dari dalam. Misalnya jarak rumah dari garis sempadan jalan, kontruksi bangunan yang cukup kokoh, antisipatif terhadap ancaman kebakaran, dll.

#4. Sehat dari segi lingkungan. Misalnya lingkungan yang aman, tetangga yang mampu diajak kerjasama dan saling mengingatkan, jauh dari polusi bunyi atau kebisingan yang mengganggu, dll.

Secara teori, rumah sederhana yang memenuhi kriteria rumah sehat tidak harus mahal. Sebuah rumah sederhana dengan harga murah sangat mungkin untuk dibangun dengan tetap memenuhi syarat kesehatan. Apalagi kalau dibangun di tempat pinggiran kota (sub-urban).
Share This :
Itu aku