MASIGNCLEAN101

9 Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Tradisional Indonesia

iklan banner

Manfaat daun sirih untuk kesehatan - obat tradisional 

Jaman saya masih kecil, pohon sirih yakni pohon yang paling rimbun daunnya diantara banyak pepohonan di halaman depan rumah. Saking rimbunnya, hampir tak ada celah yang mampu ditembus oleh mata kita, kecuali kita mendekat dan menyibakan daunnnya.

 pohon sirih yakni pohon yang paling rimbun daunnya diantara banyak pepohonan di halaman  9 Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Tradisional Indonesia

Pohon sirih (piper betle) yakni tanaman yang mudah kita temukan di sekitar kita. Pohon sirih merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Indonesia “banget” lah. Pohon ini tumbuh merambat pada kayu, bambu atau pohon lain yang lebih kuat. Bentuk daun sirih menyerupai jantung atau hati dan warnanya hijau segar. Jika kita meremasnya, maka daun sirih akan mengeluarkan baunya yang sangat khas (baunya “nyegrak” dalam bahasa Sunda).

Manfaat daun sirih sudah banyak dikenal di masyarakat kita semenjak jaman dulu. Dalam literatur pengobatan tradisional diketahui khasiat daun sirih sebagai obat anti biotik, dan itu diwariskan secara turun-temurun. Dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Pada sisi lain, daun sirih juga dikenal “dekat” dengan kebiasaan wanita Indonesia jaman dulu yang suka nginang atau nyeupah. Soal nginang, dulu nenek saya jagonya. Saat ini kebiasaan nginang atau nyeupah sudah dianggap kuno wanita modern. Namun di beberapa pelosok desa tradisi ini masih dilakukan.

Apakah nginang atau nyeupah ini ada manfaatnya ? Wallahu’alam.

Yang tak disangka, ternyata daun sirih sering dianggap "berkaitan" dengan unsur mistik. Hal itu gara-gara daun sirih banyak di ikut-sertakan dalam upacara adab beberapa suku di Indonesia. Yah, ... ada-ada saja.

Manfaat daun sirih sebagai obat tradisional

Bagi pengobatan tradisional, manfaat daun sirih bahwasanya sangat banyak. Apa yang disebutkan dibawah ini hanyalah sebagian kecil saja. Yaitu yang paling dikenal dan paling sering dilakukan di masyarakat.

#1. Untuk obat mimisan

Untuk mengobati mimisan hanya perlu satu lembar daun sirih, lalu gulung setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat anutan darah yang keluar.

#2. Untuk obati diare

Siapkan 4 hingga 6 lembar daun sirih, dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua materi tersebut bahu-membahu hingga halus, lalu gosokkan pada perut.

#3. Obat alergi dan gatal

Bahan : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok teh minyak kayu putih. Caranya, semua materi bahu-membahu hingga halus, kemudian digosokkan pada bab tubuh yang gatal.

#4. Untuk menghilangkan busuk mulut

Caranya daun sirih dicuci lalu kunyah dan biarkan beberapa menit dalam mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2-3 kali sehari.  Cara kedua yaitu dengan berkumur. Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih. Biarkan hingga hirau taacuh lalu saring. Setelah itu gunakan untuk berkumur setiap pagi dan sore.

#5. Obat gusi bengkak

Petik 5-6 lembar daun sirih. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

#6. Mengobati gusi berdarah

Untuk menghentikan pendarahan gusi, Anda dapat mengambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Angkat dan disaring gunakan untuk berkumur.

#7. Menghilangkan busuk badan

Ambil 2-3 lembar daun sirih direndam dalam air panas 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok teh gula putih. Biarkan hingga air hangat. Kemudian Minum.

#8. Radang Tenggorokan

Rendam 3 lembar daun sirih pada segelas air panas. Setelah airnya hirau taacuh gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menengadah ke atas dan rasakan air nya hingga ke pangkal tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari.

#9. Obat Keputihan

 pohon sirih yakni pohon yang paling rimbun daunnya diantara banyak pepohonan di halaman  9 Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Tradisional Indonesia

Nah ini ia yang sering dilakukan oleh kaum wanita. Siapkan 7 – 10 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Rebus dengan 2,5 liter air hingga mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar organ kewanitaan.

Jangan lupa perhatikan betul soal kebersihan daun sirih yang akan digunakan. Jika ragu kebersihannya, sebaiknya urungkan.

Untuk pemakaian bab kulit luar, daun sirih dapat digunakan untuk mengobati penyakit eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul dan menghilangkan gatal.

Buat saya pribadi, dari 9 manfaat diatas yang paling sering dilakukan yakni poin pertama yaitu untuk mengobati mimisan.

Saat ini pohon sirih makin sulit kita temui. Apalagi di perkotaan. Karena lahan yang makin sempit, sekarang pohon sirih banyak ditanam dalam pot. Baik sebagai tanaman hias ataupun sebagai tanaman obat yang setiap waktu mampu dipergunakan.

Simak juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Meskipun daun sirih banyak manfaatnya untuk obat tradisional, namun sepertinya kurang terpublikasi. Jangan lupa, pohon sirih yakni bab dari tanaman asli Indonesia. Kalau pohon ini hingga punah, siapa yang harus disalahkan ?
Share This :
Itu aku