MASIGNCLEAN101

Perbedaan Antara Vaksinasi dan Imunisasi

iklan banner

Perbedaan vaksinasi dan imunisasi

Perbedaan utama antara vaksinasi dan imunisasi yaitu bahwa vaksinasi merupakan perlindungan sejenis virus yang dilemahkan supaya badan bisa kebal terhadap penyakit tertentu. Sedangkan imunisasi yaitu proses badan dalam membangun kekebalan terhadap penyakit tertentu tersebut.

 Perbedaan utama antara vaksinasi dan imunisasi yaitu bahwa vaksinasi merupakan perlindungan Perbedaan Antara Vaksinasi dan Imunisasi

Istilah vaksinasi dan imunisasi sering kita dengar di bidang medis atau ketika kita pergi ke dokter. Istilah ini sering digunakan oleh masyarakat awam secara tumpang tindih dan membingungkan alasannya yaitu bekerjasama dalam arti tertentu.

Untuk menjelaskan perbedaan vaksinasi dan imunisasi, berikut uraian singkatnya.

#1. Vaksinasi

Istilah vaksinasi mengacu pada perlindungan vaksin atau basil yang dilemahkan yang diberikan pada seseorang supaya tidak terinfeksi oleh penyakit. Vaksin yaitu cara yang paling umum untuk mencegah seseorang terinfeksi oleh penyakit tertentu.

Vaksin biasanya dibuat dari jenis basil yang tidak aktif (non-infektif). Sebagai contoh: vaksin cacar kecil akan memiliki sel basil mati dari penyakit itu sendiri. Vaksinasi biasanya diberikan dalam bentuk tetes atau melalui suntikan.

Vaksin hidup yang telah dilemahkan telah berkurang sifat penyakitnya. Keefektifannya tergantung dari kemampuan sistem imun untuk mereplikasi dan menunjukkan respon menyerupai jikalau terjadi benjol alamiah (Wikipedia).

Contoh vaksin : vaksin cacar kecil, vaksin campak, vaksin H1N1

 Perbedaan utama antara vaksinasi dan imunisasi yaitu bahwa vaksinasi merupakan perlindungan Perbedaan Antara Vaksinasi dan Imunisasi

#2. Imunisasi

Imunisasi yaitu proses yang berlangsung setelah vaksinasi terjadi. Pathogen yang muncul dalam badan menjadikan anti-bodi membuat identifikasi apakah pathogen itu akan membahayakan atau menjadikan kerusakan. Anti-bodi yaitu sel yang bertanggung jawab untuk memerangi patogen abnormal dan basil yang dapat menjadikan kerusakan pada sistem.

Antibodi bekerja dengan melawan pathogen abnormal dan kemudian merekamnya dalam sistem ingatan mereka untuk memastikan bahwa pada ketika patogen berikutnya memasuki tubuh, maka akan segera dibasmi.

Jika badan sudah bisa melawan penyakit tertentu, maka ia akan bisa membangun satu kekebalan. Inilah yang dimaksud sebagai badan yang diimunisasi terhadap suatu penyakit.

Baik vaksinasi maupun imunisasi keduanya bekerja untuk menjaga kesehatan badan dan memastikan sistem internal bekerja dengan baik. Saat vaksin mengenalkan basil tertentu ke tubuh, maka badan bekerja untuk membangun dan membuat kekebalan pada basil tersebut. Inilah yang menjadikan badan bisa menolak jikalau ada basil yang sama memasuki badan di masa yang akan datang.

Nah, sudah cukup terang ya beda antara vaksinasi dan imunisasi ? (Referensi)
Share This :
Itu aku