MASIGNCLEAN101

Tips Mencegah Pelecehan Seksual di Angkutan Umum + Video

iklan banner

Mencegah pelecehan seksual di angkutan umum

Pengertian pelecehan seksual. Apa itu pelecehan seksual ? Pelecehan seksual adalah segala tindakan atau perilaku bermuatan seksual yang tidak diinginkan, yang membuat korban merasa tersinggung, dipermalukan, dihina dan atau terintimidasi sehingga menghipnotis kondisi psikologisnya.

Pelecehan seksual (sexual harassment) mampu menimpa pada pria dan wanita, serta mampu terjadi dimana saja ibarat daerah kerja, sekolah, angkutan umum, pasar, atau bahkan di rumah.

 Mencegah pelecehan seksual di angkutan umum Tips Mencegah Pelecehan Seksual di Angkutan Umum + Video

Unsur yang menyertai terjadinya tindak pelecehan seksual yaitu : peristiwa tersebut tidak dikehendaki oleh korban; kadang kala dilakukan dengan disertai janji, iming-iming atau pun ancaman; serta menjadikan dampak psikologis, ibarat rasa malu, marah, benci, dendam, terintimidasi, hilang rasa aman dan nyaman; dan lain-lain.

Jenis-jenis pelecehan seksual

Pelecehan seksual yang sering terjadi di masyarkat mampu digolongkan pada lima jenis diantaranya :

#1. Pelecehan fisik yaitu sentuhan yang tidak diinginkan mengarah ke perbuatan seksual ibarat mencium, menepuk, memeluk, mencubit, mengelus, memijat tengkuk, menempelkan badan atau sentuhan fisik lainnya.

#2. Pelecehan lisan yaitu ucapan, perkataan, komentar dan lain-lain yang tidak diinginkan wacana kehidupan pribadi atau bab badan atau penampilan seseorang, termasuk banyolan dan komentar bermuatan seksual

#3. Pelecehan non-verbal / isyarat yaitu bahasa badan dan atau gerakan badan bernada seksual, kerlingan yang dilakukan berulang-ulang, menatap badan penuh nafsu, instruksi dengan jari tangan, menjilat bibir, atau lainnya

#4. Pelecehan visual yaitu menawarkan bahan pornografi berupa foto, poster, gambar kartun, screensaver atau lainnya, atau pelecehan melalui email, SMS dan alat komunikasi elektronik lainnya

#5. Pelecehan psikologis / emosional yaitu permintaan-permintaan dan ajakan-ajakan yang terus-menerus dan tidak diinginkan, usul kencan yang tidak diharapkan, penghinaan atau celaan yang bersifat seksual.

Mencegah pelecehan seksual di angkutan umum

Pelecehan seksual di angkutan umum ibarat busway, kereta api, bis kota dan lain-lain semakin meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi di kota besar ibarat Jakarta. Padatnya arus penumpang angkutan umum pada pagi dan sore hari ketika jam berangkat dan pulang kerja seolah menjadi target empuk para pelaku pelecehan.

Meski pada dasarnya pelecehan tersebut mampu menimpa pria dan wanita, namun nyatanya kaum wanita lah yang banyak menjadi korban. Bentuk paling ekstrim dari pelecehan seksual yaitu serangan seksual dan perkosaan.

Beberapa upaya telah dilakukan penyedia jasa angkutan umum untuk mencegah terjadinya pelecehan tersebut. Namun akhirnya belum maksimal. Para wanita pengguna jasa angkutan umum itu sering mengeluhkan masih terjadinya peristiwa pelecehan seks pada mereka.

Nah, bagaimana sih cara mencegah pelecehan seksual di angkutan umum ? Apa yang mesti dilakukan para wanita biar terhindar dari pelecehan seks tersebut ?

Berikut beberapa tips mencegah pelecehan seksual di angkutan umum yang mampu dilakukan.

#1. Memakai pakaian yang sopan

Jangan menggunakan pakaian yang seksi ketika naik angkutan umum, ibarat rok mini atau celana pendek yag ketat. Sebaiknya, pakailah busana yang sopan dan tidak mengundang birahi para pria yang melihatnya.

Namanya juga pencegahan, memang tidak ada jaminan bahwa memakai busana sopan dan tertutup bakal aman dari pelecehan seksual. Namun memakai busana yang sopan dan rapi dapat menjadikan rasa segan orang lain untuk berbuat iseng.

#2. Antri di jalur khusus

Berita baiknya adalah, moda trasportasi TransJakarta sudah memberlakukan jalur khusus untuk antri bagi para wanita. Nah manfaatkan jalur tersebut untuk antri ketika naik busway. Jika kebetulan Anda berada di halte yang tidak memiliki jalur khusus wanita, atau moda transportasi lain yang belum menyediakan jalur khusus, sebaiknya Anda jangan memaksakan diri untuk berdesak-desakan.

#3. Duduk di daerah khusus wanita

Saat berada di dalam busway, tempatilah di posisi yang dianjurkan yaitu bab depan bus. Bagian depan bus memang telah diprioritaskan untuk wanita. Hal ini tidak lain untuk mencegah tindak pelecehan seksual ataupun hal lain yang tidak diinginkan.

#4. Berdiri dalam kelompok

Jika terpaksa berdiri, maka berdirilah secara berkelompok gotong royong dengan wanita lain. Sebisa mungkin jangan bangkit sendirian terpisah dari kelompok wanita lain. Ingat “serigala selalu mengincar domba yang terpisah dari rombongannya”.

#5. Waspadai ruang kosong di sekeliling pria

Bila ada ruang kosong di sekeliling pria sebaiknya waspada. Jangan-jangan ruang kosong itu "Jebakan Betmen" yang sengaja dibuat untuk memudahkan niat jahil mereka.

#6. Laporkan kepada petugas ketika Anda dilecehkan

Jangan membisu saja bila Anda merasa dilecehkan. Bila perlu berteriaklah biar jadi sentra perhatian. Pelaku biasanya jatuh mental bila si wanita memberi perlawanan. Selanjutnya adukan kejadian tersebut ke petugas. Laporan tersebut penting biar si pelaku pelecehan mampu pribadi ditangkap dan diamankan oleh petugas.

Segera buatlah laporan bila mengalami pelecehan seksual dimanapun. Siapapun yang menjadi korban pelecehan seksual harus didorong untuk mengadukan dan melaporkan kejadian tersebut. Ini yaitu bentuk penegasan bahwa perilaku pelecehan yang ditujukkan kepadanya tidak dapat diterima dan menyinggung harga diri.

Video gerakan untuk melaporkan terjadinya pelecehan seksual

Sebuah video usul untuk menghentikan pelecehan seksual di angkutan publik, diunggah di Youtube. Video ini merupakan bab dari gerakan “Report it to Stop it” yang bertujuan menjadikan angkutan publik di London (Transport for London) lebih baik.


Bisa dikatakan bahwa pelecehan seksual merupakan bentuk lain dari diskriminasi gender, dan melanggar hak asasi manusia. Pelecehan seksual merupakan sikap yang merendahkan bukan hanya martabat wanita, namun juga martabat insan secara keseluruhan.

Baca juga : Memahami Kenakalan Remaja Dari Sudut Psikologi

Mencegah pelecehan seksual di angkutan umum dengan demikian harus dilakukan secara serius dan menjadi perhatian semua pihak. Apalagi ke depan moda transportasi umum akan semakin penting artinya untuk mengurai benang kusut lalu lintas di ibukota.
Share This :
Itu aku